11 September 2014

SAKA KALPATARU

Satuan Karya Pramuka Kalpataru

   

Sejarah gerakan kepanduan sudah dimulai sejak tahun1907 dan didirikan oleh tokoh pandu Robert Baden-Powell, dahulu kepanduan yang didirikan untuk membantu pemerintah. Pada setiap keberhasilan kegiatannya para pandu ini kemudian oleh Robert Banden-Powell diberikan lencana, hal inilah yang berjalan sampai sekarang.

Gerakan kepanduan ini kemudian diadoptasi dengan sebutan Pramuka di negara Indonesia semangat nya tetap sama seperti yang tercantum dalam Dasa Dharma & Tri Satya.
Jika melihat Dasa Dharma dalam poin kedua yaitu “Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia” sudah tergambar bahwa kepanduan di Indonesia atau Gerakan Pramuka sejak berdirinya sudah ditanamkan rasa Cinta akan Alam beserta Isinya, bukan hanya kepada manusia saja seperti awal berdirinya kepanduan dahulu tetapi juga alam beserta isinya, semangat itu sesuai dengan Visi dan Misi Kementerian Lingkungan Hidup. Oleh sebab itu diinisiasilah lahirnya SAKA Lingkungan yang di beri nama SAKA KALPATARU,  kerjasama ini bermula dari Kesepakatan Bersama antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dengan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 17/MENLH/11/2011 dan No. 014/PK-MoU/11/2011 tentang Pelaksanaan Program dan Kegiatan  Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Saka Kalpataru merupakan satuan Karya Pramuka tempat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dan kecakapan, dan kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega serta sebagai wadah untuk menanamkan kepedulian dan rasa tanggungjawab dalam mengelola, menjaga, dan mempertahankan dan melestarikan lingkungan untuk keberlanjutan generasi sekarang dan mendatang.  Pembentukan Saka Kalpataru bertujuan untuk memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan khususnya yang berkaitan dengan substansi Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) yang menjadi bekal penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan Negara.
Satuan Karya Pramuka Kalpartaru untuk tahap awal meliputi tiga Krida yaitu :
 (1) Krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle)
      SKK Koposting
      SKK Daur Ulang
     SKK Bank Sampah
 (2) Krida Perubahan Iklim
 SKK Konservasi & Hemat Air,
 SKK Hemat Energi Listrik
 SKK Transportasi Hijau.
 (3) Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati. 
 SKK Pelestari Sumberdaya Genetik,
 SKK Pelestari Ekosistem,
 SKK Jasa Lingkungan.
Untuk tahap berikutnya yaitu tahun 2014, Krida SAKA Kalpataru akan ditambahkan sesuai dengan kebutuhan dalam pengelolaan lingkungan.

LOMBA MADRASAH SESUMBAR TAHUN 2012